fbpx

Spesifikasi Mitsubishi Colt Diesel Euro 4

Beranda » BERITA FUSO » Spesifikasi Mitsubishi Colt Diesel Euro 4

Standar Emisi Euro merupakan standar yang digunakan negara Eropa untuk kualitas udara di negara Eropa. Spesifikasi Mitsubishi Colt Diesel Euro 4 , Semakin tinggi standar Euro Kendaraan Niaga yang ditetapkan, maka semakin kecil batas kandungan karbon oksida, nitrogen oksida, volatile hidrokarbon, dan partikel lain yang dapat berdampak negatif pada makhluk hidup dan lingkungan.

Untuk mendukung penerapan standar emisi Euro 4, maka diperlukan 2 hal yaitu peningkatan kualitas BBM dan peningkatan teknologi mesin kendaraan supaya bisa menghasilkan emisi gas buang NO < 250 mg / km dan Diesel Particulate Matter < 25 mg / km.

Sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah RI dan dunia dalam upaya mengurangi emisi karbon untuk kualitas udara yang lebih bersih, Mitsubishi Fuso meluncurkan produk truk canter / colt diesel dan truk fighter yang telah memenuhi standar emisi Euro 4.

Secara garis besar, truk canter Euro 4 dibagi menjadi 3 varian produk berdasarkan tenaga mesinnya, yaitu:

  1. Truk canter 108 PS
  2. Truk canter 136 PS
  3. Truk canter 150 PS.

TRUK CANTER DOUBLE BAN EURO 4 150 PS

Spesifikasi Mitsubishi Colt Diesel Euro 4

Truk Mitsubishi Colt Diesel / Canter 6 Ban 150 PS Euro 4 memiliki 2 sub-varian, yaitu:

1.FE 84 GS

2.FE 84 SHDX

Varian ini memiliki tenaga mesin paling besar diantara seluruh varian mitsubishi canter Euro 4 sehingga varian ini sangat cocok untuk digunakan pada area-area yang lebih sulit dan menantang seperti area berlumpur tebal, tanjakan curam off road serta medan berpasir / berbatu. Canter 150 PS 6 Ban sangat cocok untuk industri pertambangan, manufaktur, logistik, ekspedisi, angkutan perkebunan, pertanian, perikanan dan peternakan.

3 PERBEDAAN UTAMA FE 84 GS DENGAN FE 84 SHDX

  1. Perbedaan Final Gear Ratio (Rasio Gardan)

Canter FE 84 SHDX memiliki final gear ratio lebih besar yaitu 6.666 yang sanggup menghasilkan daya tanjak 46 tan Ø, sedangkan FE 84 GS memiliki final gear ratio 5.571 yang sanggup menghasilkan daya tanjak 39 tan Ø, sehingga FE 84 SHDX lebih mampu diandalkan untuk melewati medan-medan tanjakan. Daya tanjak tidak hanya dibutuhkan saat menanjak melainkan juga sangat dibutuhkan ketika melewati areal off road yang berbatu, berpasir atau berlumpur. Semakin baik daya tanjaknya maka semakin baik pula kemampuan melewati medan-medan sulit seperti itu. Itulah sebabnya, truk pengangkut material curah disarankan menggunakan tipe FE 84 SHD-X untuk dijadikan dump truck.

  1. Perbedaan Kecepatan Maksimal yang Bisa Dicapai

Final gear ratio (rasio gardan) selalu berbanding terbalik dengan kecepatan maksimalnya. Semakin besar final gear ratio maka kecepatan maksimal yang bisa dicapai akan semakin rendah. FE 84 GS memiliki rasio gardan yang lebih rendah dibandingkan FE 84 SHDX sehingga FE 84 GS lebih baik untuk diajak berakselerasi jika area operasional kendaraan adalah jalan beraspal mendatar. Jadi, sebelum memutuskan apakah akan membeli FE 84 GS atau FE 84 SHDX, ketahui terlebih dahulu area operasional mobil di daerah yang kontur jalannya seperti apa. Jika kontur jalannya mayoritas datar beraspal maka sebaiknya memiliih tipe FE 84 GS saja karena kecepatan maksimalnya lebih baik sehingga bisa memangkas waktu tempuh, jika kontur jalannya banyak tanjakan curam apalagi beberapa ruasnya jalannya masih belum beraspal maka sebaiknya memilih tipe FE 84 SHDX karena memiliki daya tanjak yang lebih baik. Berikut ini tabel kecepatan maksimal Truk Canter Euro 4 150 PS.

Tabel Kecepatan Maksimal Truk Canter Euro 4 150 PS
Tipe TrukFE 84 SHDXFE 84 GS
Kecepatan Maksimal88 km / jam103 km / jam

3. Perbedaan Panjang Sasis

Sama-sama varian kabin lebar, Tipe FE 84 GS merupakan varian long sasis 150 PS karena memiliki sasis yang lebih panjang 1.105 mm dibandingkan tipe FE 84 SHDX sehingga ukuran karoseri yang bisa dibuat oleh tipe FE 84 GS menjadi lebih panjang. Tidak mengherankan jika tipe FE 84 GS menjadi pilihan perusahaan ekspedisi dan logistik karena menawarkan kapasitas kargo yang lebih besar. Berikut ini disajikan data tabel dimensi sasis dan dimensi karoseri antara tipe FE 84 GS dan FE 84 SHDX.

Tabel Dimensi Sasis dan Dimensi Karoseri Truk Canter Euro 4 150 PS
Tipe TrukDimensi Sasis (P x L x T mm)Dimensi Karoseri (P x L x T mm)
FE 84 GS7.145 x 2.035 x 2.2555.435 x 2.100 x 2.000
FE 84 SHDX6.040 x 2.035 x 2.2554.330 x 2.100 x 2.000

Setelah mengulas perbedaannya, mari kita membahas kesamaan dari semua tipe truk canter / colt diesel Euro 4 bertenaga 150 PS.

Spesifikasi Mitsubishi Colt Diesel Euro 4

Truk canter double Euro 4 bertenaga 150 PS menggunakan mesin 4 silinder baru dengan kode 4V21-2AT2 didukung dengan system Common Rail yang dikontrol oleh Electronic Control Unit (ECU) menjadikan tenaga dan torsi mesin yang dihasilkan lebih optimal di putaran mesin yang lebih rendah. Mesin canter Euro 4 4V21-2AT2 berkubikasi 3.907 cc ini sanggup menghasilkan tenaga 150 PS pada 2.500 rpm & Torsi 43 kg.m pada 1.500 – 2.500 rpm.

Spesifikasi Mitsubishi Colt Diesel Euro 4

Keuntungan menggunakan Common Rail Injection System:

  • Atomisasi bahan bakar yang lebih baik sehingga proses pembakaran pada mesin lebih sempurna.
  • Peningkatan performa mesin, menurunkan konsumsi bahan bakar, dan membuat getaran mesin yang lebih halus dibandingkan dengan tipe konvensional.

MESIN CANTER EURO 4 DILENGKAPI DENGAN DIESEL OXIDATION CATALYST (DOC) MUFFLER

MUFFLER

Diesel Oxidation Catalyst (DOC) Muffler berguna untuk memecah polutan Hydro Karbon (HC) dan Karbon Monoksida (CO) yang ada pada saluran gas buang menjadi gas yang lebih tidak berbahaya seperti H2O dan Karbon Dioksida (CO2).

untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi :