Strategi Mitsubishi FUSO Euro 4 Diterima Pasar, Pendekatan customer centric dengan mendengarkan suara konsumen menjadi salah satu kunci keberhasilan Mitsubishi FUSO dalam menguasai 46,7% pangsa pasar kendaraan niaga. Strategi Mitsubishi FUSO Euro 4 ini pula agar diterima Pasar yang digunakan Mitsubishi FUSO saat merilis jajaran produk terbarunya, 15 varian Canter dan 14 varian Fighter X berstandar EURO 4.
Daftar Isi
Dijelaskan Duljatmono, Sales & Marketing Director of PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), “Mendengarkan suara konsumen, seperti apa permintaan mereka hingga kebutuhan mereka apa saja, ini yang kami tangkap, untuk kemudian menghadirkan tipe baru yang mengusung standar EURO 4 dan teknologi Common Rail.”

Strategi Mitsubishi FUSO Euro 4 Diterima Pasar
Lebih jauh ia menuturkan, kehadiran 15 varian Canter dan 14 varian Fighter X merupakan salah satu upaya Mitsubishi FUSO agar EURO 4 dapat diterima oleh pasar Indonesia.
Strategi Mitsubishi FUSO Euro 4 Diterima Pasar : Hadir dengan standar EURO4, mesin 4V21 untuk Canter dan mesin 6M60 untuk Fighter X dengan teknologi Common Rail dapat menghasilkan tenaga mesin yang maksimal, torsi yang lebih tinggi di range RPM yang lebih panjang sehingga performanya lebih optimal. Selain itu, teknologi Exhaust Gas Recirculation, Positive Crankcase Ventilation, dan Diesel Oxidation Catalyst Muffler mampu menurunkan kadar emisi NOx (Nitrogen Oxide), sehingga emisi gas buang kendaraan lebih ramah lingkungan.
Strategi Mitsubishi FUSO Euro 4 Diterima Pasar
Agar mempercepat penerimaan EURO 4 di pasar Indonesia, diakui Duljatmono, Mitsubishi massif menggelar berbagai program edukasi. Di antaranya, menghadirkan program Driving clinic untuk para driver. Melalui program tersebut, para driver diedukasi terkait varian Canter dan Fighter X berstandar EURO 4 sekaligus bagaimana melakukan perawatannya. Mitsubishi FUSO juga melakukan edukasi ke masyarakat melalui platform media sosial.
Selain itu, Mitsubishi FUSO juga menggelar program edukasi untuk media. Pendekatan ke berbagai media nasional dan otomotif ini dihadirkan dalam format Test Drive yang digelar hari ini di area parkir Ice BSD, Tangerang, pada hari ini (25/3).
Tak hanya itu, ditambahkan Duljatmono, layanan after sales atau purnajual juga dimaksimalkan untuk mendukung sekaligus mempercepat penerimaan kendaraan berbasis EURO 4. Antara lain, dengan meningkatkan kualitas fasilitas dan suku cadang, menggelar workshop untuk para mekanik, hingga mekanik sertification di 217 jaringan diler Mitsubishi FUSO di seluruh Indonesia.

Strategi Mitsubishi FUSO Euro 4 Diterima Pasar
Mitsubishi Fuso Euro 4 diterima pasar karena beberapa strategi yang dilakukan, di antaranya:
- Peningkatan teknis: Mitsubishi Fuso melakukan peningkatan teknis untuk memenuhi permintaan konsumen.
- Ketersediaan spare part: Mitsubishi Fuso meningkatkan ketersediaan spare part yang berkualitas.
- Strategi pemasaran: Mitsubishi Fuso melakukan strategi pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Mitsubishi Fuso Euro 4 diluncurkan pada Juni 2022 dan mendapat respons positif dari konsumen. Dalam tiga bulan pertama, truk Fuso Euro4 terjual sebanyak 6.077 unit.
“Dengan berbagai upaya itu serta dengan kehadiran jajaran produk berstandar EURO, kami menargetkan market share 48% di segmen kendaraan niaga pada akhir tahun ini,” tutupnya.