fbpx

Truk Tetap Prima Saat Pandemi

Beranda » BERITA FUSO » Truk Tetap Prima Saat Pandemi

Truk Tetap Prima Saat Pandemi Armada kendaraan niaga Anda mungkin mengalami penurunan intensitas perjalanan selama pandemi. Jika biasanya hampir semua kendaraan Anda aktif beroperasi di jalan raya, kini mungkin hanya separuhnya. Hampir semua lini bisnis memang terdampak pandemi, tak terkecuali bisnis logistik atau jasa angkutan truk. Namun demikian, meski armada kendaraan niaga Anda tak beroperasi seluruhnya, perawatan pun harus tetap dilakukan.

Untuk memastikan Truk Tetap Prima Saat Pandemi performa kendaraan tetap prima meski tidak digunakan, ada beberapa tindakan preventif yang bisa dicoba, yakni:

  1. Lakukan pendataan armada. Buatlah dokumen pendataan armada yang berisi mengenai informasi tentang armada tersebut, kondisinya, jadwal servis, hingga tanggal penggantian komponen. Memiliki catatan lengkap terkait semua armada yang dipunya akan membantu Anda untuk me-manage serta memantau kondisi kendaraan niaga Anda. Lakukan pendataan secara rutin, mulai dari kapan terakhir kali kendaraan digunakan, serta kapan komponen truk diganti. 
  2. Bersihkan secara menyeluruh. Selalu bersihkan armada setiap kali selesai digunakan, baik bagian interior maupun eksterior kendaraan. Pastikan truk selalu berada dalam kondisi bersih setiap kali hendak disimpan, terutama jika truk tidak akan beroperasi dalam jangka waktu yang cukup lama. Dengan demikian, truk akan selalu siap pakai, kapan pun dibutuhkan.
  3. Panaskan secara rutin. Meski tidak digunakan bukan berarti truk harus didiamkan begitu saja. Jangan lupa untuk memanaskannya secara rutin agar mesin truk tidak kaget nantinya. Pemanasannya juga tidak perlu waktu lama, sekitar 5-10 menit saja sudah cukup. Hal ini dimaksudkan agar seluruh komponen mesin terlumasi dengan baik sebelum nantinya beroperasi kembali.
  4. Lakukan perawatan secara berkala. Untuk memastikan mesin truk Anda tetap andal dan tangguh, pastikan untuk membuat jadwal perawatan secara berkala. Tak hanya sekadar memanaskan mesin, membersihkan filter udara, mengganti olinya, serta mengecek kondisi mesinnya merupakan kunci agar performa truk tetap prima.
  5. Tambah tekanan angin pada ban. Jika armada tidak akan beroperasi dalam rentang yang cukup panjang, tambahkan tekanan angin untuk menghindari perubahan bentuk pada ban. Tak hanya itu, hindari kontak langsung antara ban dengan oli atau bahan kimia lain yang dapat merusak karet.

Beberapa hal di atas merupakan tindakan preventif yang bisa Anda lakukan untuk memastikan truk tetap berada dalam kondisi prima. Dengan demikian, jika sewaktu-waktu dibutuhkan, kendaraan niaga Anda bisa langsung dipergunakan. Semoga bermanfaat!

untuk infornasi lebih lanjut silahkan hubungi

0 0 votes
Ulasan
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Call Now Button
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x