fbpx

Orang atau Perusahaan Luar daerah beli di Jakarta?

Beranda » Berita Mitsubishi » Orang atau Perusahaan Luar daerah beli di Jakarta?

Tak dapat dipungkiri bahwa lokasi Jakarta yang sangat dekat dengan lokasi pabrik Mitsubishi di Cikarang membuat harga OTR Jakarta lebih rendah dibandingkan harga OTR di daerah lainnya lalu Orang atau Perusahaan Luar daerah beli di Dealer Mitsubishi Jakarta? Hal semacam inilah yang membuat orang seringkali berfikir untuk membeli mobil di Jakarta saja. Tetapi, apakah bisa orang dari luar daerah yang tidak memiliki KTP dan Surat Domisili Jabodetabek membeli mobil di Jakarta? Jawabannya, Tentu Sangat Bisa!

Adapun Kendaraan Mitsubishi Kami silahkan klik link berikut

Perorangan atau Perusahaan Luar daerah membeli di Jakarta

Tidak hanya karena alasan harga OTR yang lebih murah, beberapa orang dari luar daerah memilih membeli mobil di Jakarta karena alasan-alasan berikut ini :

  • Pembeli mobil niaga, karoseri langganannya berlokasi di Jabodetabek.
  • Kantor pusat perusahaan induk di Jabodetabek sehingga proses pengadaan kendaraan berpusat di Jabodetabek namun alamat STNK tetap di kantor cabang.
  • Memiliki kerabat dekat yang beralamat di Jabodetabek sehingga berencana meminjam KTP kerabatnya (khusus pembelian cash).
  • Selisih harga OTR antara Jakarta dengan daerah yang cukup besar, sehingga selisih harga tersebut akan digunakan untuk mengurangi Down Payment serendah-rendahnya.

Itulah beberapa alasan pembeli mobil dari luar Jabodetabek yang memutuskan membeli mobil di Jakarta.

Lalu, apa saja biaya-biaya tambahan yang harus dikeluarkan jika pembeli mobil dari luar daerah ‘nekat’ membeli mobil di Jakarta? Berikut ini yonan akan rincikan biayanya.

Orang atau Perusahaan Luar daerah beli di Jakarta?

Dealer Mitsubishi Jakarta

1. Pelanggaran Wilayah

Di Mitsubishi, Pelanggaran Wilayah dibayarkan kepada ATPM supaya faktur STNK dan faktur BPKB bisa diterbitkan. Berikut ini adalah tabel biaya pelanggaran wilayah yang harus dibayarkan oleh pembeli dari luar daerah ketika akan membeli mobil di Jakarta

Namun, anda bisa menghindari biaya pelanggaran wilayah di atas jika :

Bisa menunjukkan bahwa anda atau grup perusahaan anda memiliki surat domisili usaha di Jabodetabek.
Meminjam KTP kerabat yang beralamat di Jabodetabek (khusus pembelian cash).

Biaya proses STNK – BPKB

Biaya ini bervariasi tergantung daerah dan harga pasaran biro jasa setempat. Disini peran dealer sangat menentukan dalam proses negosiasi dengan biro jasa setempat agar biaya proses STNK dan BPKB bisa lebih murah atau paling tidak sesuai dengan harga pasaran yang berlaku di daerah tersebut. Jika konsumen memutuskan membeli kendaraan secara off the road, maka yang bernegosiasi dengan biro jasa adalah konsumen itu sendiri.

Orang atau Perusahaan Luar daerah beli di Jakarta?

Ongkos kirim

Ongkos kirim juga bervariasi tergantung beberapa komponen berikut ini:

Apakah pengiriman menggunakan mobil gendong atau self drive? Jika menggunakan self drive maka ongkos kirim akan jauh lebih murah.
Alamat tujuan. Semakin jauh jarak yang ditempuh maka ongkos bahan bakar akan semakin tinggi sehingga akan mempengaruhi ongkos pengiriman kendaraan ke alamat tujuan.
Berapa kali transit kapal? Jika alamat tujuan berada di luar pulau jawa, maka dipastikan akan keluar ongkos pengapalan. Jika lokasi pengiriman mengharuskan untuk transit kapal beberapa kali, maka ongkos pengirimanpun akan meningkat berlipat-lipat.
Dimensi ukuran kendaraan. Semakin besar dimensi ukuran kendaraan maka ongkos pengiriman pun akan semakin besar, dikarenakan ongkos bahan bakar yang semakin besar dan ongkos pengapalan yang semakin besar (jika pengiriman luar pulau jawa).
Ditambah asuransi pengiriman atau tidak? Nilai asuransi pengiriman hanya 0,2% dari harga jual kendaraan sehingga sebaiknya mobil diasuransikan selama proses pengiriman demi menghindari risiko kerugian yang ditanggung oleh penjual dan perusahaan ekspedisi jika mobil terjadi risiko kecelakaan selama proses pengiriman.

Selisih Bea Balik Nama

Selisih ini nilainya tidak besar karena setiap provinsi telah menetapkan persentase yang sama untuk Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB) yaitu 12,5% dari harga off the road yang sudah di PPN kan.

Nah itulah beberapa biaya yang harus dikeluarkan oleh pembeli mobil dari luar daerah ketika memutuskan untuk membeli mobil di Jakarta. Ingat ya, walaupun membelinya di Jakarta, STNK yang diterbitkan tetap plat nopol daerah kok sehingga Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor tetap masuk ke kas pemda setempat, jadi tetap berkontribusi pada penerimaan asli daerah (PAD) setempat.

untuk konsultasi menegenai pemesanan unit di Jakarta hubungi :

Obrolan di WhatsApp

Call Now Button