fbpx

Eclipse Cross SUV Canggih di Bawah 500 Juta

Beranda » Berita Mitsubishi » Eclipse Cross SUV Canggih di Bawah 500 Juta

Eclipse Cross SUV Canggih di Bawah 500 Juta, Dalam beberapa tahun belakangan ini, tren otomotif global sedang bergeser ke arah kendaraan bergenre Sport Utility Vehicle (SUV) dan Crossover, tidak terkecuali di Indonesia.

Hampir semua merek bahkan memiliki lebih dari satu jenis SUV dan crossover untuk ditawarkan pada konsumen, seperti halnya Mitsubishi. Bahkan Mitsubishi memiliki lebih dari satu lini di kategori SUV, Mulai dari Pajero Sport, Outlander Sport, Xpander Cross, hingga Eclipse Cross.

Model terakhir ini memiliki keunikan tersendiri. SUV yang posisinya mengisi celah antara Outlander Sport dan Pajero Sport ini dibanderol cukup kompetitif, namun memiliki fitur dan teknologi yang lengkap di kelasnya.

Dari sisi tampilanpun Eclipse Cross sudah menganut bahasa desain terbaru khas Mitsubishi Dynamic Shield yang juga diadopsi oleh seri Xpander, Triton dan New Pajero Sport. Desain gril-nya yang agresif diperkuat dengan kehadiran lampu-lampu LED dengan desain yang tajam. Desain bagian buritan tak kalah unik.

Hal ini membuatnya berbeda bahkan dengan varian-varian Mitsubishi lainnya, dengan desain mika lampu yang dibuat seolah menyatu menghasilkan ilusi keberadaan sayap belakang yang menambah kesan sporti. Tak kalah unik saat memasuki interiornya yang memiliki desain sangat modern.

Eclipse Cross SUV Canggih di Bawah 500 Juta

  • Eclipse Cross SUV Canggih di Bawah 500 Juta
  • Eclipse Cross SUV Canggih di Bawah 500 Juta
  • Eclipse Cross SUV Canggih di Bawah 500 Juta

Di dalamnya terdapat banyak fitur-fitur canggih yang biasanya hanya ada pada mobil-mobil di atas kelasnya.

mulai dari adaptive cruise control (ACC), paddle shift, rem parkir elektrik dengan fungsi auto hold, rain sensor, hingga auto headlight dengan fungsi automatic high beam (AHB).

Tampilan dasbor juga sudah menyerupai desain sedan mewah Eropa, terutama pada layar displai tengah berteknologi sentuh yang juga memuat informasi dan setingan kendaraan, selain fungsi konektivitas Apple Carplay dan Android Auto, GPS, serta sebagai monitor kamera belakang.

Selain itu pengoperasian fitur-fitur tadi bisa juga dioperasikan melalui sebuah trackpad kecil di sebelah tongkat transmisi. Ada juga fitur head up display (HUD) di bagian atas panel instrumen yang dapat disembunyikan secara otomatis.

Jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan Mitsubishi Eclipse memang tidak kalah dengan yang ditawarkan Mitsubishi Outlander, karena memang Mitsubishi Eclipse ditawarkan dengan berbagai kelebihan fitur yang bisa memanjakan konsumen di Indonesia.

Seperti dalam pemberitaan detikOto sebelumnya saat PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan produk SUV terbarunya yakni Mitsubishi Eclipse Cross berbagai fitur kemudahan, kenyamanan dan keamanan khususnya kepada pengemudi diberikan.

Ada beberapa fitur yang membuat mobil seharga di bawah Rp 500 juta ini menarik perhatian. Di antara banyaknya fitur andalan, satu yang menarik dari mobil ini adalah fitur Head Up Display (HUD) untuk memberi informasi kecepatan dan transmisi kendaraan di sebuah monitor kecil tepat di atas dashboard kemudi. Fitur ini akan menyesuaikan cahaya dan posisi sehingga pengemudi bisa melihat informasi dengan jelas.

Eclipse Cross

Mobil dua baris ini juga memiliki fitur carplay yang dapat dikontrol melalui touchpad yang berada di sebelah console box mobil. Fitur Carplay ini dapat terhubung dengan smartphone sehingga beberapa aplikasi seperti pengirim pesan, telepon, dan pemutar musik di ponsel dapat ditampilkan dan dioperasikan pada carplay.

Fitur tilt & telescopic juga diterapkan pada kemudi mobil ini sehingga pengemudi bisa mengatur kemudinya naik atau turun serta maju atau mundur ditambah jok pengemudi yang dapat diatur kehangatannya sehingga pengemudi akan merasakan kenyamanan berkendara.

Selain itu, tombol start/stop engine dan tombol audio control yang terdapat pada kemudi Mitsubishi Eclipse Cross membuat pengemudi akan semakin mudah dalam mengatur kondisi mobilnya.

Untuk meningkatkan keamanan berkendara, SUV dari Mitsubishi ini dilengkapi dengan fitur untuk mengatur kecepatan otomatis. Fitur ini bekerja ketika pengemudi mengatur kecepatan tertentu (misal 60 km/jam), maka mobil akan berjalan konsisten pada kecepatan tersebut tanpa menginjak pedal gas atau rem.

Fitur tersebut didukung dengan fitur keamanan lain yaitu Forward Collision Mitigation (FCM) untuk menjaga jarak mobil apabila mendeteksi adanya objek di depan dan pengemudi tidak menekan pedal rem maka mobil akan perlahan menurunkan kecepatan hingga berhenti untuk menghindari benturan.

Ada juga fitur Blind Spot Monitoring (BSM) di kaca spion yang akan menyala ketika ada kendaraan mendekat dari arah yang tak terduga misalnya dari samping atau belakang. Fitur ini akan sangat membantu pengemudi untuk makin waspada ketika terlalu fokus memantau arah depan mobil.

SUV Canggih di Bawah 500 Juta

Unsur kenyamanan juga menonjol berkat desain ergonomi jok elektrik berlapis kulit hitam dengan aksen jahitan berwarna jingga yang memiliki fitur penghangat, AC otomatis dual zone. Selain active stability & traction control (ASTC), ada satu teknologi unik warisan dari dari mobil-mobil reli Mitsubishi

Keberadaan dua sunroof juga berhasil menghadirkan kesan eksklusif.

Selain active stability & traction control (ASTC), ada satu teknologi unik warisan dari dari mobil-mobil reli Mitsubishi

yaitu active yaw control (AYC), yang mengatur tekanan rem roda depan secara individual untuk mereduksi gejala understeer saat manuver di tikungan tajam.

Pelengkap unsur keselamatan lainnya berupa forward collision mitigation system (FCM) yang mengurangi risiko bertabrakan dengan kendaraan atau pejalan kaki di depan melalui pengereman otomatis, blind spot warning (BSW), rear cross traffic alert (RCTA), hill start assist (HSA), ultrasonic misacceleration mitigation system (UMS), dan lane change assist (LCA).

Performa Mitsubishi Eclipse Cross didukung oleh mesin 4 silinder MIVEC 4B40 1.5 liter turbocharger dengan

output maksimal 148 hp pada 5.500 rpm dan torsi puncak 250 Nm di rentang 2.000-3.500 rpm.
Putaran mesin dioper ke roda depan melalui transmisi INVECS-III CVT plus Sport Mode.

Fitur menarik lainnya yakni Active Yaw Control (AYC). Fitur ini sudah terintegrasi dengan sistem pengereman yang membuat mobil tetap stabil ketika bermanuver.

Bisa dibilang ini merupakan fitur turunan dari Lancer Evolution, yang berguna saat pengemudi ingin melakukan manuver dengan cepat. Maka seketika terasa ada sedikit pengereman di roda depan. Contohnya, saat belok kanan, maka ban depan sebelah kiri akan direm agar mobil tetap stabil. Alhasil pengemudi bisa terhindar dari potensi understeer dan mobil tetap melaju stabil di jalurnya. Perlu dicatat, fitur ini hanya berguna ketika mobil melakukan manuver ekstrem. Saat berbelok dengan lembut, misal di jalan tol atau di jalan biasa fitur ini tidak bekerja.

Dengan fitur dan kelengkapan yang ‘over engineering’ tersebut, Eclipse Cross dibanderol dengan harga kurang dari

Rp500 juta atau tepatnya mulai Rp488,75 juta hingga yang termahal berbanderol Rp 493,75 juta on the road Jakarta

Baca juga : Area JAKARTA GANJIL GENAP

0 0 votes
Ulasan
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Call Now Button
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x