Bisnis Truk Ekspedisi yang Kian Menjanjikan

Bisnis Truk Ekspedisi yang Kian Menjanjikan, Menjalankan sebuah bisnis yang menghasilkan keuntungan tinggi merupakan harapan semua pengusaha. Itulah sebabnya mereka akan berusaha mencari bidang bisnis yang diperkirakan dapat mewujudkan harapan tersebut. Di antara banyaknya pilihan, bisnis truk ekspedisi adalah salah satu yang banyak diminati.

Melansir laman Truckmagz, Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Ilham Masita menyatakan bahwa bisnis ini akan semakin bertumbuh setiap tahunnya. Hal yang sama diungkapkan oleh Ariel Wibisono, Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO) Jawa Timur. Menurutnya, masa depan bisnis truk akan terus cerah dan order akan terus ada. Sebab, truk merupakan urat nadi ekonomi nasional.

Bisnis Truk Ekspedisi yang Kian Menjanjikan

Bertumbuhnya bisnis truk ekspedisi juga diperkirakan dipengaruhi oleh dua faktor utama, yaitu:

Kebutuhan industri
Saat ini semakin banyak perusahaan dari berbagai bidang yang memanfaatkan jasa truk ekspedisi untuk urusan logistiknya. Baik untuk pengiriman mesin industri, pengiriman stok barang dari satu gudang ke gudang lain, atau pengiriman barang jadi ke konsumen.

Pembangunan infrastruktur
Adanya peningkatan pembangunan infrastruktur oleh pemerintah secara otomatis mempermudah akses perjalanan darat dari satu tempat menuju tempat lainnya. Misalnya saja seperti di Pulau Jawa, adanya tol yang menghubungkan Jakarta hingga area Jawa Tengah membuat waktu tempuh perjalanan menjadi semakin singkat. Dengan begitu, biaya perjalanan juga akan semakin hemat.

Namun, meskipun banyak yang berhasil menjalankan bisnis ini, bukan berarti semua orang bisa mengelola bisnis ini dan meraih keuntungan maksimal. Ada beberapa hal penting yang harus Anda pahami sebelum memutuskan untuk membuka bisnis ini, yaitu:

  1. Pahami seluk beluk bisnis ini

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami hal dasar tentang bisnis ini terlebih dahulu. Anda bisa mulai dengan mengenal berbagai istilah terkait logistik, jenis truk yang digunakan, dan sebagainya. Jangan sampai Anda mulai membuka sebuah bisnis yang sama sekali tidak Anda pahami, karena Anda justru berpotensi mengalami kerugian.

  1. Analisa pasar dan tentukan jenis ekspedisi

Lakukan analisa pasar untuk mengetahui jenis ekspedisi apa yang kira-kira paling bisa dijalankan di area usaha Anda. Apakah bisnis truk ekspedisi skala kecil yang hanya membutuhkan mobil pick-up, ekspedisi untuk logistik e-commerce, atau ekspedisi untuk kebutuhan yang lebih besar seperti pengiriman stok barang atau mesin industri. Tentunya, semakin besar skala bisnis Anda, maka modal yang akan Anda butuhkan semakin tinggi juga. Itulah sebabnya, poin satu dan dua harus sangat diperhatikan untuk mencegah terjadinya kerugian.

3.Perhatikan pemilihan truk dan pengemudi

Kualitas truk dan pengemudi yang Anda pilih akan sangat berpengaruh pada image perusahaan. Hal ini sangat penting, karena penilaian awal saat konsumen mencoba jasa Anda akan berpengaruh pada kemajuan bisnis Anda. Mungkin saja saat ini konsumen baru tersebut baru menggunakan jasa Anda dalam skala kecil, tetapi jika Anda bisa memberikan pelayanan terbaik maka bisa jadi ke depannya akan menjadi langganan tetap Anda.

4.Selalu mencari peluang

Meskipun Anda baru membuka bisnis dan belum memiliki klien besar yang menggunakan jasa Anda, jangan ragu untuk mencari peluang dan bersaing dengan bisnis truk ekspedisi lain yang lebih berpengalaman. Ingatlah bahwa selalu ada yang pertama. Mungkin saja dari semua tender yang Anda ikuti, salah satunya ada yang berhasil lolos dan menjadi klien besar pertama Anda. Sementara itu, jika Anda belum berhasil lolos setidaknya hal tersebut bisa dijadikan pengalaman Anda mengikuti tender.

Hal penting lain yang harus Anda lakukan saat memutuskan untuk membuka sebuah bisnis baru adalah fokus dan tidak mudah menyerah. Semua bidang usaha pasti akan memiliki kesulitannya masing-masing. Pada saat hal tersebut terjadi, lakukan analisa untuk mencari akar permasalahannya agar bisa menemukan penyelesaian masalah yang tepat. Semoga dengan melakukan semua hal di atas, bisnis Anda berjalan dengan lancar!

untuk informasi dan pemesanan kendaraan niaga Anda hubungi :

Tinggalkan Pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.