Benefit Plat Kuning Kendaraan Niaga

Di kota besar seperti Jakarta, Benefit Plat Kuning Kendaraan Niaga dimana beberapa ruas jalannya menerapkan aturan ganjil genap, memiliki kendaraan plat kuning merupakan benefit tersendiri bagi kendaraan niaga. Ya, aturan ganjil genap tidak berlaku untuk kendaraan plat kuning, itulah sebabnya kendaraan pengangkut barang dianjurkan memakai plat kuning atau mengganti dari plat hitam ke plat kuning. Jika pun tetap menggunakan plat hitam, maka jenis plat nomor mobil berdasarkan pemilik kendaraan harus memanfaatkan jeda waktu penerapan aturan ganjil genap. Tentu saja ini bisa mengganggu aktivitas pengiriman barang karena pemilik kendaraan harus menunggu jam-jam tertentu saat aturan ganjil genap tidak diterapkan yaitu antara pukul 06.00 s/d 10.00 WIB dan pukul 16.00 s/d 21.00 . benefit plat kuning kendaraan niaga

Plat kuning digunakan untuk apa saja?

Plat kuning biasanya digunakan untuk kendaraan umum, seperti taksi, angkutan umum, kendaraan sewa dan atau kendaraan niaga operasional

Plat kuning apakah bisa dipakai pribadi?

Ya, plat kuning dapat dipakai untuk kendaraan pribadi asalkan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pihak berwenang.

Apa arti plat nomor kuning?

Plat nomor kuning adalah plat nomor kendaraan yang biasanya diperuntukkan untuk kendaraan angkutan umum seperti taksi, angkutan kota, dan bus.

Kenapa truk plat kuning?

Truk dengan plat kuning biasanya digunakan oleh kendaraan niaga atau komersial. Plat kuning ini menunjukkan bahwa kendaraan tersebut digunakan untuk mengangkut barang atau melakukan aktivitas bisnis. Hal ini membantu pihak berwenang dan pengguna jalan lainnya untuk mengidentifikasi kendaraan sebagai kendaraan niaga dan memberikan perlindungan hukum dan keamanan yang sesuai.

Baca Juga : Syarat pengajuan plat kuning

Benefit Plat Kuning Kendaraan Niaga

Plat kuning pada kendaraan niaga sering kali merujuk pada plat nomor kendaraan yang digunakan untuk kategori kendaraan komersial atau niaga. Beberapa manfaat dari memiliki kendaraan niaga dengan plat kuning antara lain:

  1. Identifikasi sebagai Kendaraan Niaga: Plat kuning membantu dalam mengidentifikasi kendaraan sebagai kendaraan niaga atau komersial. Hal ini dapat bermanfaat dalam regulasi lalu lintas, perpajakan, dan ketentuan-ketentuan lain yang berkaitan dengan penggunaan kendaraan untuk keperluan bisnis.
  2. Pajak dan Biaya Operasional: Beberapa wilayah memberikan keringanan pajak atau biaya operasional tertentu untuk kendaraan niaga. Plat kuning dapat memberikan akses ke manfaat-manfaat ini, membantu perusahaan atau pemilik usaha mengurangi beban pajak atau biaya operasional yang harus mereka tanggung.
  3. Regulasi Transportasi: Beberapa wilayah memiliki regulasi ganjil genap lalu lintas khusus yang berlaku untuk kendaraan niaga. Plat kuning membantu kendaraan untuk bebas regulasi tersebut, seperti batasan waktu operasional, rute tertentu, dan persyaratan lainnya.
  4. Asuransi Khusus: Terkadang, pemilik kendaraan niaga dapat memperoleh polis asuransi dengan tarif khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan komersial. Plat kuning dapat digunakan sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi penetapan tarif tersebut.
  5. Kepercayaan Pelanggan: Pelanggan atau mitra bisnis dapat melihat plat kuning sebagai tanda bahwa kendaraan tersebut digunakan untuk keperluan bisnis dan dapat diandalkan untuk pengiriman atau layanan komersial lainnya.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2016, setiap kendaraan roda empat atau mobil yang menggunakan plat kuning harus memiliki badan hukum atau bernaung di wadah minimal koperasi. Sehingga, direkomendasikan kepada perorangan yang ingin menggunakan plat kuning untuk bergabung ke dalam wadah yang memiliki badan hukum minimal koperasi.

untuk cek plat nomor Benefit Plat Kuning Kendaraan Niaga

Untuk mengurus plat kuning memang membutuhkan proses yang lebih panjang dan dokumen-dokumen yang lebih banyak dibandingkan mengurus plat hitam. Namun demikian, semua pengorbanan tersebut akan terbayarkan dengan adanya potongan Bea Balik Nama (BBN) hingga 40%. Menguntungkan sekali bukan? Bea Balik Nama merupakan salah satu komponen yang mempengaruhi harga jual kendaraan, jika Bea Balik Nama lebih murah maka harga jual kendaraan pun menjadi lebih murah. Namun, di beberapa daerah potongan Bea Balik Nama (BBN) kendaraan hanya berlaku untuk perusahaan yang bergerak di bidang jasa angkutan bermotor untuk kendaraan umum, cara mengecek plat nomor kendaraan (kode KBLI : 49431 dan 46632). Jadi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dengan kami apakah KBLI perusahaan anda bisa mendapatkan benefit plat kuning kendaraan niaga potongan Bea Balik Nama (BBN) 40%.

Bagi anda yang ingin membeli kendaraan baru dengan plat kuning, setidaknya ada dokumen tambahan yang harus disiapkan, yaitu:

  1. Surat Permohonan Penguningan
  2. Surat Permohonan Keringanan Pajak
  3. SRUT (Sertifikat Registrasi Uji Tipe)

Jika anda mengurus STNK sendiri, dokumen-dokumen tersebut harus anda siapkan sendiri, namun bila pengurusan STNK diserahkan ke dealer maka biro jasa yang ditunjuk dealerlah yang akan menyiapkan itu semua. benefit plat kuning kendaraan niaga Anda hanya perlu menyiapkan dokumen-dokumen berikut ini:

  1. Untuk Perusahaan
  • SIUP
  • TDP
  • NPWP
  • Surat Keterangan Domisili
  • Surat Kuasa 2 rangkap
  1. Untuk Perorangan
  • KTP
  • NPWP

SURAT REKOM PENGUNINGAN


Turunnya Surat Rekom Penguningan merupakan isyarat bahwa surat permohonan penguningan anda disetujui. Surat tersebut ditandatangani oleh Kepala Unit Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi tempat tinggal anda, dimana pada surat itu menjelaskan bahwa suatu kendaraan telah ditetapkan statusnya sebagai kendaraan bermotor umum. Di dalam surat itu menjelaskan data-data kendaraan anda diantaranya merk, tahun pembuatan, jenis, no rangka, no mesin, atas nama dan alamat.

Untuk informasi lebih lanjut :

Tinggalkan komentar